Contoh esai

Posted on Kamis, 05 Februari 2015

KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKOLAH
Salah satu masalah utama yang di hadapi indonesia adalah kebersihan, terutama sampah. Pengertian sampah sendiri adalah sisa suatu usaha atau kegiatan manusia yang berwujud padat, baik berupa zat organik maupun anorganik yang bersifat dapat terurai maupun tidak terurai dan dianggap sudah tidak berguna lagi sehingga dibuang ke lingkungan.
Kesadaran manusia terhadap membuang sampah pada tempatnya, membuat negara kita terkenal dengan negara tumpukan sampah. Apalagi di kota – kota besar, jakarta misalnya, banayak warga yang membuang sampah ke sungai, parit, di jalan atau pun di tempat – tempat yang lainnya. Padatnya penduduk dan rendahnya kesadaran manusia akan pentingya membuang sampah pada tempatnya membuat kota jakarta sering tekena banjir.
Kebersihan merupakan suatu hal terpenting yang menunjang kenyamanan suatu masyarakatnya, begitu halnya di sekolah, dengan keadaan lingkungan yang bersih aktivitas belajarpun tidak akan terganggu. Apabila ruang kelas bersih, proses belajar mengajar pun akan terasa nyaman.
MAN RANCAH yang terletak di jalan Rumah sakit. No 50 . Dusun Tarikolot. Desa Situmandala Kec. Rancah. Siswa – siwinya merupakan siswa yang sebagaian besar mengerti tentang agama, kenapa saya berbicara seperti itu? Banyak siswa siswi yang mayoritasnya berada di lingkungan pesantren. Tetapi hal itu tidak membuat penalaran mereka di fikirkan secara luas, tetap saja rasa acauh terhadap sampah masih berlaku di sekolah ini. Di kelas saja misalnya,  banyak terdapat sampah dilaci, lantai, dan lain-lain. Sampah yang paling banyak ditemukan adalah sampah kertas dan plastik. Piket kelas pun kurang berjalan lancar karena masih banyak anak yang menyepelekan bahkan enggan melaksanakannya. Siswa yang enggan melakukan piket kaum perempuan dan laki – laki.
Penjaga sekolah misalnya, beliau mengatakan bahwa banyak anak – anak yang mengerti akan dampak negatif  yang diperoleh jika membuang sampah sembaragan, tetapi belum saja ada kesadaran, paling ada satu, dua atau tiga orang padahal tempat sampah sudah di sediakan oleh sekolah di masing – masing kelas.
Banyak sekali dampak yang muncul akibat menomor duakan prioritas kebersihan. Selain menimbulkan berbagai penyakit karena menumpuknya sampah ditempat yang tidak semestinya, juga membuat lingkungan yang seharusnya nyaman menjadi tidak betah untuk dipandang maupun disinggahi. Sampah yang menumpuk juga dapat menyebabkan air menggenang dan menimbulkan banjir. Berbagai hal dapat terjadi akibat menyepelekan kebersihan.

Akhirnya dapat disimpulkan bahwa Kebersihan sekolah bukan hanya tanggungjawab siswa saja, tetapi tanggungjawab seluruh warga sekolah. Kesadaran akan pentingnya kebersihan harus diterapkan dalam diri setiap individu supaya permasalahan sampah atau permasalahan kebersihan dapat segera diatasi. Hal-hal tersebut dapat dimulai dari diri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
Kec. Rancah kab. Ciamis, jawa barat, Indonesia
kehidupan tak selamanya indah!!! inspirasi itu datang dari seseorang yang tahan uji, ia akan merasa bangkit jika ia terus mengalami kegagalan!!!
© Selamat Datang Di blognya Asep Wahid. Template by Template Responsive Design Powered By Blogger